Segitiga

Segitiga
Hai teman bertemu lagi nih.. :-D
Matematika SMP Kelas 7 BAB 2 Segitiga
"Segitiga" wah kayaknya kita mau belajar bidang dua dimensi nih? Memang benar. Tahukah teman apa itu bidang dua dimensi dan bangun tiga dimensi? Yah sudah kalo belum tahu nanti juga akan tahu ;-)

"Bab ini berisi uraian materi mengenai sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya; menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan menggunakannya dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari; serta cara melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu"

Dalam materi segitiga kali ini kita akan mempelajari segala macam hal yang berhubungan dengan segitiga, salah satunya adalah:
  1. Rumus segitiga
  2. Jumlah sudut segitiga
  3. Garis tinggi segitiga
  4. Luas segitiga
  5. Keliling segitiga
  6. Gambar segitiga
  7. Bentuk segitiga
  8. Jenis-jenis segitiga
  9. Segitiga sembarang
  10. Segitiga sama sisi
  11. Segitiga sama kaki
  12. Segitiga siku-siku
  13. Contoh segitiga
  14. Soal segitiga
  15. Melukis segitiga
Wah kok banyak topik yang hampir sama sih? Hehe.. :-D ada ajah!
Topik-topik di atas bisa teman-teman pahami di setiap blog kami yang lainnya.
Dan ini sedikit tentang segitiga yang perlu teman ketahui:

Rangkuman
  • Segitiga siku-siku dapat dibentuk dari sebuah persegi panjang yang dipotong menurut diagonalnya. Besar salah satu sudut pada segitiga siku-siku adalah 90°.
  • Sifat-sifat segitiga sama kaki:
    a. dapat dibentuk dari dua buah segitiga siku-siku yang sama besar dan sebangun;
    b. mempunyai satu sumbu simetri;
    c. mempunyai dua buah sisi yang sama panjang;
    d. mempunyai dua buah sudut yang sama besar;
    e. dapat menempati bingkainya dengan tepat dalam dua cara.
  • Sifat-sifat segitiga sama sisi:
    a. mempunyai tiga buah sumbu simetri;
    b. mempunyai tiga buah sisi yang sama panjang;
    c. mempunyai tiga buah sudut yang sama besar (60°);
    d. dapat menempati bingkainya dengan tepat dalam enam cara.
    4. Jumlah ketiga sudut segitiga adalah 180°.
  • Ketidaksamaan segitiga, Jumlah dua buah sisi pada segitiga selalu lebih panjang daripada
    sisi ketiga.
  • Pada setiap segitiga berlaku sudut terbesar terletak berhadapan dengan sisi terpanjang, sedangkan sudut terkecil terletak berhadapan dengan sisi terpendek.
  • Besar sudut luar suatu segitiga sama dengan jumlah dua sudut dalam yang tidak berpelurus dengan sudut luar tersebut. 
  • Keliling segitiga yang panjang sisinya a, b, dan c adalah
    K = a + b + c.
  • Luas segitiga dengan panjang alas a dan tinggi t adalah
Cukup sekian dulu ya sedikit materi tentang segitiga kali ini, silahkan surfing ke blog-blog kami lainnya. ;-)
Salam ceria dari kami "Solusi Soal Matematika" 
Muhammad Sonhaji

6 komentar:

  1. Kurang lengkap, tapi saya beri nilai Baik

    BalasHapus
  2. mana contoh soalnya??

    BalasHapus
  3. Monyet....... Cumi Yeuhh.... Cue Etem!!!!

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. heh gak usah pake kata kasar dong!!!! kalo komentar pake kata yang baik dong! dasar orang ga tau di untung!!!!!!!!!!!!!! njing

      Hapus