Garis dan Sudut

Garis dan Sudut
Hai teman²
Matematika SMP Kelas 7 BAB 2 Garis dan Sudut
Sekarang mari kita akan mencari tahu tentang garis dan sudut, :-)
Pastinya teman² sedah pada tahu apa itu garis dan sudut. Kalo garis ya garis, dan kalo sudut adalah besaran yang berasal dari dua buah garis yang berpotongan. Gampangkan!

"Bab ini memuat materi mengenai hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut; sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain; serta cara melukis dan membagi sudut."

Ini dia yang akan kami berikan penjelasan secara mendalam, tentunya dalam blog² kami yang lainnya. :-D
  1. Materi garis dan sudut
  2. Garis Matematika
  3. Perbandingan segmen garis
  4. Sudut Matematika
  5. Menggambar dan memberi nama sudut
  6. Jenis-jenis sudut
  7. Hubungan antar sudut
  8. Melukis sudut
  9. Membagi sudut
  10. Contoh garis dan sudut matematika
  11. Soal garis dan sudut
Di sini kami berikan sedikit tentang materi garis dan sudut

Rangkuman
  • Suatu sudut dapat terbentuk dari suatu sinar yang diputar pada pangkal sinar. Sudut dinotasikan dengan .
    Untuk menyatakan besar suatu sudut digunakan satuan derajat (°), menit ('), dan detik ("), dimana
  • Sudut yang besarnya 90° disebut sudut siku-siku.
    Sudut yang besarnya 180° disebut sudut lurus.
    Sudut yang besarnya antara 0° dan 90° disebut sudut lancip.
    Sudut yang besarnya antara 90° dan 180° disebut sudut tumpul.
    Sudut yang besarnya lebih dari 180° dan kurang dari 360°
    disebut sudut refleks.
  • – Jumlah dua sudut yang saling berpelurus (bersuplemen) adalah 180°. Sudut yang satu merupakan pelurus dari sudut yang lain.
    – Jumlah dua sudut yang saling berpenyiku (berkomplemen) adalah 90°. Sudut yang satu merupakan penyiku dari sudut yang lain.
    – Jika dua garis berpotongan maka dua sudut yang letaknya saling membelakangi titik potongnya disebut dua sudut yang saling bertolak belakang. Dua sudut yang saling bertolak belakang adalah sama besar.
  • Kedudukan dua garis
    – Dua garis atau lebih dikatakan sejajar apabila garis-garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan tidak akan pernah bertemu atau berpotongan jika garis tersebut diperpanjang sampai tak berhingga.
    – Dua garis dikatakan saling berpotongan apabila garis tersebut terletak pada satu bidang datar dan mempunyai satu titik potong.
    – Dua garis dikatakan saling berimpit apabila garis tersebut terletak pada satu garis lurus, sehingga hanya terlihat satu garis lurus saja.
    – Dua garis dikatakan bersilangan apabila garis-garis tersebut tidak terletak pada satu bidang datar dan tidak akan berpotongan apabila diperpanjang.
  • Hubungan antarsudut jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain
    – Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain, akan terbentuk empat pasang sudut sehadap yang besarnya sama.
    – Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain, besar sudut-sudut dalam berseberangan yang terbentuk adalah sama besar.
    – Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain maka besar sudut-sudut luar berseberangan yang terbentuk adalah sama besar.
    – Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain maka jumlah sudut-sudut dalam sepihak adalah 180°.
    – Jika dua buah garis sejajar dipotong oleh garis lain maka jumlah sudut-sudut luar sepihak adalah 180°.
Nah itu saja kok. :-D
Tenang saja masih banyak materi garis dan sudut yang lainnya dari blog-blog kami. ;-)
Sekian dulu ya,
Salam ceria dari kami "Solusi Soal Matematika" 
Muhammad Sonhaji

26 komentar:

  1. saya masih belum paham trentang menentukan besar sudut dalam pewrpotongan garis antara bangunan yang berbeda , adakah solosinya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah ada...... trus brdo'a dan blajar...... dan ta'at beribadah ...

      Hapus
    2. ko' masih belum bisa??..

      Hapus
    3. gimana nyari hasil kurang dari 18°19'23" - 32°34'43" ?

      Hapus
    4. itu mah gmpang bang..
      nol kecil di atas nomor itu artinya jam
      Garis satu artinya menit
      Garis dua artinya detik

      JIka Nilai detik lebih dari 60, maka 60 puluh detik itu akan menjadi angka 1 di menit. dan jika nilai menit lebih dari 60, mana 60 puluh itu menjadi angka 1 di jam..

      18 19 23
      32 34 43
      ________ -
      50 54 6

      seperti itulah hasilnya..

      Hapus
    5. itu kamu tambah namanya bukAN DIKURANG

      Hapus
  2. Hm,, Bisa disertakan gambarnya gakk? ^^

    Makasih :-)

    BalasHapus
  3. pengen paham tentang jenis" dan sifat" sudut ....


    makasih ;)

    BalasHapus
  4. Terimakasih informasi, sangat membantu karena saya sedang mengajar privat tentang ini :D
    Oiya dilihat juga ya blog saya www.bareppray.blogspot.com

    BalasHapus
  5. insyaAllah udah paham....
    yah... besok Remidi dah guwaa..

    BalasHapus
  6. trimakasih informasinya
    tapi saya msih krang paham

    BalasHapus
  7. ada contoh soal dan pmbahasannya nggak?

    BalasHapus
  8. eh pada tau ngak apa sih garis sinar????

    BalasHapus
  9. garis sinar tu sinar yang berbentuk garis :)

    BalasHapus
  10. ad yg tau suplemen dari
    84 (jam)13’17”

    BalasHapus
  11. ku pngin ngrti soal UKK ini

    BalasHapus
  12. wah artikelny bagus,cuman akan lebih bagus klau bsa
    di tambah pkai gambar,soalny saya kurang ngerti penjelasanny heheheh
    mkasih

    BalasHapus
  13. kalau soalnya gini gmana,.jika besar sudut a 2 kali penyikunya,,berapa besar sudut a,,makasih

    BalasHapus
  14. buset dah bisa gila wa belajarnya kurang ngerti wa

    BalasHapus
  15. yang itu mah dh saya pelajari ....

    BalasHapus
  16. Sama Kurang Ngerti

    BalasHapus